Langsung ke konten utama

Service iPhone di iBestApple.Net Menggunakan Software Analisa Buatan Sendiri [ SiAP V.2 - Sequence iBestApple ]

(SiAP - Menu Utama)

iBestApple.Net, Pontianak - Pengembangan perangkat lunak (juga disebut pengembangan, desain, merancang, pengembangan aplikasi perusahaan atau pengembangan platform) adalah pengembangan suatu produk perangkat lunak. Istilah "pengembangan perangkat lunak" bisa dipakai untuk menyebut aktivitas pemrograman komputer, yaitu proses menulis dan mengelola kode sumber, namun dalam artian luas istilah ini mencakup semua hal yang terlibat antara penciptaan perangkat lunak yang diinginkan melalui pewujudan akhir perangkat lunak, idealnya dalam proses yang terencana dan terstruktur. Karena itu, pengembangan perangkat lunak bisa mencakup penelitian, pengembangan baru, purwarupa, modifikasi, pemakaian kembali, rekayasa ulang, pengelolaan, atau aktivitas lain yang menghasilkan produk perangkat lunak (Wikipedia, pen).

Perangkat lunak bisa dikembangkan untuk berbagai tujuan, tiga tujuan paling umum adalah memenuhi kebutuhan klien/bisnis tertentu (perangkat lunak kustom), memenuhi persepsi kebutuhan sejumlah pengguna potensial (perangkat lunak komersial dan terbuka), atau memenuhi kebutuhan pribadi (misalnya seorang ilmuwan menulis perangkat lunak untuk mengotomasikan sebuah tugas yang rumit). Pengembangan perangkat lunak tertanam adalah pengembangan perangkat lunak tertanam seperti yang dipakai untuk mengontrol produk konsumen, membutuhkan proses pengembangan yang terintegrasikan dengan pengembangan produk fisik yang dikontrol. Perlunya pengawasan kualitas yang lebih baik pada proses pengembangan perangkat lunak menciptakan disiplin teknik perangkat lunak, yang bertujuan menerapkan pendekatan sistematis yang tercantum dalam paradigma teknik hingga proses pengembangan perangkat lunak (Wikipedia).

Berdasarkan tujuan pertama pada pengantar diatas, kami mendesign sebuah aplikasi untuk mempermudah dalam melakukan pengerjaan device yang mengalami masalah pada komponen Hardware iPhone dan iPad konsumen kami. Aplikasi ini kami berinama SiAP V.2 (Sequence iBest Apple). Aplikasi yang kami kembangkan secara continue dalam rangka mencapai "Titik Standar Minimal" dari sebuah perangkat. Titik Standar Minimal bisa dikategorikan layak beroperasi dan terintegrasi dengan aplikasi bawaan secara normal bila memenuhi syarat Minimum Plus / Minus 10% dari ukuran standar sebuah perangkat mesin.

(SiAP) Sub Menu iPhone 6s
Sample Video di iPhone 6s Plus 

(SiAP) Menu Checking All Komponen Mesin Secara Global

Dibawah ini kami ambil sample kerusakan iPhone 6g konsumen, Kasusnya tidak bisa charging dalam keadaan standby (proses charging dalam keadaan iPhone dimatikan).
Kami lakukan analisa menggunakan Aplikasi Analisa Kami dan setelah dilakukan penginputan data, terdapat beberapa komponen yang bermasalah, dan yang cukup "Mengejutkan", beberapa komponen yang tidak berhubungan langsung pada proses charging, mengalami masalah. 

Coba perhatikan 4 baris yang diberi kotak merah pada tulisan PP5V0_USB_TO_PMU, AP_TO_I2C2_SCL, PP1V8_GRAPE & PP1V2_SDRAM yang dalam dunia teknisi iPhone disebut dengan "Jalur Hambatan / Jalur Voltage". Dibaris tersebut terdapat nilai-nilai, yang merupakan Data Input dari Hasil Pengukuran Komponen (Kolom sebelah kiri dimasing-masing baris dan Kolom Sebelah Kanan Merupakan Hasil dari Proses Prosentase Pengukuran vs Nilai Standard).
Pada masing-masing kolom tersebut, ada penyimpangan masing-masing sebesar up-92%, up-20%, drop-40% dan up-27%. Up atau Down dari nilai penyimpangan sebuah jalur, bisa ditoleransi nilainya sebesar plus/minus 90%.
Nama-nama jalur tersebut diatas, mewakili nama jalur yang berhubungan dengan IC Power, IC CPU dan IC Touchscreen. Dengan demikian, dikasus ini terdapat 3 komponen tersangka yang menyebabkan iPhone tidak bisa melakukan charging secara normal.

Kemudian timbul pertanyaan, Kenapa Kasusnya charging tapi komponen yang bermasalah tidak ada berhubungan langsung dengan komponen charging, apakah Aplikasi Kami bermasalah atau ada kesalahan dalam proses pengukuran???.
Dalam kasus tersebut diatas, sebenarnya iPhone melakukan proses charging normal (dari sisi mesin), hanya saja dikarenakan komponen yang bermasalah tersebut diatas "Menyedot Banyak Daya Charging", mengakibatkan iPhone terlihat melakukan proses charging secara tidak normal.
(SiAP) Sample Kasus Charging iPhone 6g

(SiAP) Sub Menu Komponen Display iPhone 6s

Dalam pengembangan Aplikasi SiAP ini, kami melakukan research dari pelatihan Apple Product dan pembahasan komunitas Teknisi Apple, sehingga antara teori yang kami pergunakan, selaras dengan praktek dilapangan yang dilakukan teman-teman teknisi. Aplikasi ini menstandarkan pemeriksaan komponen mesin iPhone +/- 10%, sehingga pengguna akan merasakan kenyamanan dan keamanan dalam daya tahan setelah iPhone dilakukan Perbaikan.

(SiAP) Sub Menu Lampu iPhone 6s

Kemudian, bagaimana dengan keakuratan data yang dimasukkan dalam Aplikasi SiAP ini.???.
Selain data yang selalu kami perbaiki bila dianggap menyimpang dari standar mesin iPhone, kami menjamin keakuratan pemeriksaan mesin sampai dengan 95%, sehingga kami juga tidak mengalami complain dikemudian hari setelah iPhone dipergunakan dalam waktu panjang dan dipergunakan secara normal.

(SiAP) Sub Menu Konektor TouchID iPhone 6s

(SiAP) Sub Menu Blitz iPhone 6s

(SiAP) Sub Menu IC Charging

(SiAP) Sub Menu IC Charging

Komentar

Postingan populer dari blog ini

iBestTools - Aplikasi Bantu Analisa Service iPhone (bag. I)

iBestApple.Net - Pontianak, Bila teman-teman teknisi pernah melihat beberapa artikel tentang Aplikasi Bantu Untuk Service iPhone yang terdahulu di blog ini, mungkin akan sedikit sedikit familiar dengan istilah Aplikasi yang kami maksud, mesti susah dimengerti dan sangat sukar difahami. Kali ini coba kami jelaskan tentang Tujuan, Apa Manfaat Aplikasi Ini (selanjutnya kita sebut saja iBest Tools - Untuk Mempermudah penyebutan), Kepada Siapa Tools Ini Ditujukan, Alat Bantu Apa Lagi Yang Mesti Digunakan Selain Tools ini. Mari kita bahas satu per satu. Tujuan dari pembuatan iBest Tools adalah, mempermudah Teknisi untuk menganalisa kerusakan iPhone Secara menyeluruh, tanpa perlu pengukuran secara detail, sehingga mempermudah kita menjelaskan kepada konsumen tentang kondisi mesin secara tepat. 
Contoh Kasus : Konsumen mengelukan kerusakan perangkat iPhone 5g "Tidak Bisa Melakukan Proses Charging atau Dicas Tidak Bisa Penuh Mesti Dicas Berjam-jam". Dalam Pikiran kita sebagai tekni…

iBestTools - Aplikasi Bantu Analisa Service iPhone (bag.II)

iBestApple.Net - Pontianak, Bila kemarin kami sekilas memperkenalkan Apa Itu iBestTools, kali ini kami coba jelaskan lebih detail tentang Isi dan Cara mengoperasikan Aplikasi tersebut, meski sampai dengan hari ini (tgl.22/04/18) iBestTools belum juga release dikarenakan masih dilakukan penyempurnaan & cross check berulang-ulang untuk mengurangi kesalahan programming dan pengambilan data di mesin. Sebelum kita bahas lebih jauh, ada baiknya sedikit kami terangkan Apa Itu Arti Sequence Start-up dalam kaitannya dengan System Kerja iPhone (Apple Product Secara Gloabal). 
Sequence dalam arti yang sebenarnya adalah kb. 1 rangkaian. 2 urutan (of events). 3 rentetan. [source : KamusLengkap.com]. Sedangkan arti kata start-up, menurut pengertian kamuslengkap.com Memulai. Dan bila diartikan dalam satu rangkaian kata bila dikaitkan dengan artikel ini,[pen] mempunyai arti "Urutan dari beberapa rangkaian kerja iPhone untuk dapat hidup secara normal". Dari pengertian tersebut, "…