Langsung ke konten utama

iBestTools - Aplikasi Bantu Analisa Service iPhone (bag. I)


iBestApple.Net - Pontianak, Bila teman-teman teknisi pernah melihat beberapa artikel tentang Aplikasi Bantu Untuk Service iPhone yang terdahulu di blog ini, mungkin akan sedikit sedikit familiar dengan istilah Aplikasi yang kami maksud, mesti susah dimengerti dan sangat sukar difahami. Kali ini coba kami jelaskan tentang Tujuan, Apa Manfaat Aplikasi Ini (selanjutnya kita sebut saja iBest Tools - Untuk Mempermudah penyebutan), Kepada Siapa Tools Ini Ditujukan, Alat Bantu Apa Lagi Yang Mesti Digunakan Selain Tools ini. Mari kita bahas satu per satu. Tujuan dari pembuatan iBest Tools adalah, mempermudah Teknisi untuk menganalisa kerusakan iPhone Secara menyeluruh, tanpa perlu pengukuran secara detail, sehingga mempermudah kita menjelaskan kepada konsumen tentang kondisi mesin secara tepat. 

Contoh Kasus : Konsumen mengelukan kerusakan perangkat iPhone 5g "Tidak Bisa Melakukan Proses Charging atau Dicas Tidak Bisa Penuh Mesti Dicas Berjam-jam". Dalam Pikiran kita sebagai teknisi, secara refleks akan memvonis kerusakan Area Charging yang biasanya meliputi Adaptor & Kabel Charging, Port USB, Baterai, IC Cas ataupun IC Power. Kemudian, Apabila semua komponen tersebut diatas telah dilakukan perbaikan atau penggantian tapi masalah belum terpecahkan, sudah pasti kita sebagai teknisi mengalami kerugian waktu, sparepart dan bahkan bisa "ganti unit" karena proses pengerjaan yang salah atau proses pengerjaan yang panjang dan menyebabkan iPhone menjadi Mati Total.

Coba kami tunjukkan salah 1 data konsumen kami yang mengalami kerusakan awal masalah camera belakan + Touchscreen agak susah ditekan (iPhone 5s).



Setelah kami bongkar dan lakukan pengecekkan, ternyata ada kerusakan lain yang menjadi PENYEBAB UTAMA dari kerusakan yang dikeluhkan konsumen (perhatikan nama jalur yang kami beri kotak warna merah). 

Dari data tersebut, bisa kami simpulkan beberapa kerusakan yang dialami : 
1. Jalur komunikasi data I2C0_SDA short 
2. Button Menu Key L ada yang short 
3. dan terakhir yang paling fatal ada pada jalur PP1V8 dengan hasil pengukuran mengalami penyimpangan 13%. Di kerusakan point 3 ini, Ternyata NandFlash bermasalah, sehingga berimbas pada jalur PP1V8 hambatannya menjadi Up dari kondisi normal. Disini bila kita sebagai teknisi kurang pengalaman dalam menangani kasus seperti tersebut diatas, bisa dipastikan akan mengalami kesulitan dalam penyelesaian kasus.

Manfaat tools ini akan dirasakan besar bila teman-teman teknisi yang masih minim pengalaman "Di Lahan Apple Product" dan kurang pengetahuan tentang step by step pengerjaan kasus, seperti contoh diatas, yang dikeluhkan konsumen berbeda dengan kondisi mesin sebenarnya. 

Tools ini hanya cocok digunakan untuk Teman-teman yang sudah terbisa bermain dengan solder, blower, multitester dan skema. Sedangkan yang baru ingin belajar tentang Apple, boleh-boleh saja untuk perkenalan dan pengen belajar system Apple, Hanya TIDAK DIREFERENSIKAN dengan keras untuk langsung praktek perbaikan Hardware, Beresiko gagal total. 

Alat Bantu yang biasa kami gunakan dikalangan Teknisi Apple (bisa dikatakan standard Minimal) diantaranya : 

 1. Multitester Sanwa DC800a


Multitester merk ini sudah cukup untuk proses pengukuran iPhone, karena "Ramah" dengan produk Apple. Bagaimana dengan produk/merk lain??? kami agak susah menjelaskan tentang hal ini, karena menurut kami, Multitester ini sudah Sangat Minimal Standard (budget minim kwalitas terjamin). Bila Ingin memaksakan diri untuk melakukan pengukuran iPhone dengan dibawah standar minimal Multitester, Ada baiknya MENGHINDARI PENGUKURAN DIJALUR YANG BERUKURAN 1,2 VOLT KEBAWAH, karena kami tidak bisa menjamin iPhone Temen-temen MASIH BISA HIDUP SETELAH DILAKUKAN PENGUKURAN.

 2. Blower Quick 2008

Blower ini cukup bagus untuk lakukan pengangkatan komponen, selain angin keluaran terletak digagang blower, juga panas yang dikeluarkan cukup stabil. Selain itu, harga relatif murah. Selain itu, microskop, solder pinset, pisau bedah juga alat bantu pendukung yang bisa dikatakan standard minimal bila ingin melakukan service iPhone. 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

iBestTools - Aplikasi Bantu Analisa Service iPhone (bag.II)

iBestApple.Net - Pontianak, Bila kemarin kami sekilas memperkenalkan Apa Itu iBestTools, kali ini kami coba jelaskan lebih detail tentang Isi dan Cara mengoperasikan Aplikasi tersebut, meski sampai dengan hari ini (tgl.22/04/18) iBestTools belum juga release dikarenakan masih dilakukan penyempurnaan & cross check berulang-ulang untuk mengurangi kesalahan programming dan pengambilan data di mesin. Sebelum kita bahas lebih jauh, ada baiknya sedikit kami terangkan Apa Itu Arti Sequence Start-up dalam kaitannya dengan System Kerja iPhone (Apple Product Secara Gloabal). 
Sequence dalam arti yang sebenarnya adalah kb. 1 rangkaian. 2 urutan (of events). 3 rentetan. [source : KamusLengkap.com]. Sedangkan arti kata start-up, menurut pengertian kamuslengkap.com Memulai. Dan bila diartikan dalam satu rangkaian kata bila dikaitkan dengan artikel ini,[pen] mempunyai arti "Urutan dari beberapa rangkaian kerja iPhone untuk dapat hidup secara normal". Dari pengertian tersebut, "…

Cara Menjalankan / Mempergunakan iBestTools - Aplikasi Bantu Analisa Service iPhone (bag III)

(gbr. 1. Menu Utama iBestTools)
iBestApple.Net - Pontianak, Dua artikel terdahulu, kami telah memperkenalkan sekilas tentang "Metode Sequence Start-Up" di iPhone yang kemas dalam aplikasi iBestTools, kali ini coba kami terangkan "Detail" Cara penggunaan dan manfaat yang bisa kita gunakan dalam menganalisa kerusakan di iPhone. Dipaket iBestToolsLTD ini, akan memperkenalkan Sequence Start-up untuk seri iPhone 4s, iPhone 5g, iPhone 5s, iPhone 6g dan iPhone 6 Plus (gambar bisa dilihat diatas) dengan masing-masing seri memiliki step analisa antara 4 s/d 5 sbb :
(gbr. 2. Penjelasan)
Di Input PMU ini, terdapat 8 komponen utama, yang terdiri dari :
1. Judul Step 1
2. Nomor Urut Dari Jalur Pengukuran
3. Nama Jalur
4. Kolom Pengisian Nilai Hambatan Pada Test Point
5. Kolom Click Perhitungan Setelah Penginputaan Nilai Hambatan
6. Hasil Dari Perhitungan Nilai Hambatan Pada Titik Ukur vs Nilai Hambatan Standar Pada Setiap Jalur.
7. Tempat Gambar Ditampilkan Saat Nama Jalur di C…