Langsung ke konten utama

Cara Menjalankan / Mempergunakan iBestTools - Aplikasi Bantu Analisa Service iPhone (bag III)

(gbr. 1. Menu Utama iBestTools)

iBestApple.Net - Pontianak, Dua artikel terdahulu, kami telah memperkenalkan sekilas tentang "Metode Sequence Start-Up" di iPhone yang kemas dalam aplikasi iBestTools, kali ini coba kami terangkan "Detail" Cara penggunaan dan manfaat yang bisa kita gunakan dalam menganalisa kerusakan di iPhone. Dipaket iBestToolsLTD ini, akan memperkenalkan Sequence Start-up untuk seri iPhone 4s, iPhone 5g, iPhone 5s, iPhone 6g dan iPhone 6 Plus (gambar bisa dilihat diatas) dengan masing-masing seri memiliki step analisa antara 4 s/d 5 sbb :

(gbr. 2. Penjelasan)

Di Input PMU ini, terdapat 8 komponen utama, yang terdiri dari :
1. Judul Step 1
2. Nomor Urut Dari Jalur Pengukuran
3. Nama Jalur
4. Kolom Pengisian Nilai Hambatan Pada Test Point
5. Kolom Click Perhitungan Setelah Penginputaan Nilai Hambatan
6. Hasil Dari Perhitungan Nilai Hambatan Pada Titik Ukur vs Nilai Hambatan Standar Pada Setiap Jalur.
7. Tempat Gambar Ditampilkan Saat Nama Jalur di Click (No. 3).
8. Tombol Untuk Kembali ke Sub Menu

Kita Langsung Ke Contoh Kasus di iPhone 5g :
(gbr. 3. Contoh Kasus Hambatan Drop dan Up)

PP5V0_USB_PROTECT :
a. Saat kita click tulisan PP5V0_USB_PROTECT, ruang gambar akan menampilkan gambar Test Point (titik ukur) tempat dimana kita mengukur jalur PP5V0_USB_PROTECT. Acuan di iBestTools ini menggunakan Avometer Digital Sanwa CD800a dengan Probe (jarum hitam) di komponen yang ditunjuk digambar dan Probe Merah di posisi ground mesin.
b. Setelan Avometer Pada skala dioda, dan lihat berapa nilai hambatan yang diukur.
c. Masukkan nilai hambatan tersebut pada kolom pengisian kemudian click tombol % pada jalur PP5V0_USB_PROTECT. Contoh gambar diatas 333.
d. Lihat hasil perhitungan 333 adalah 72,86%, yang artinya hambatan dari jalur PP5V0_USB_PROTECT tersebut mengalami Drop hambatan (ada komponen yang mengalami short).

Beberapa kemungkinan hambatan drop dijalur PP5V0_USB_PROTECT :
(gbr.4, Kemungkinan komponen jalur PP5V0_USB_PROTECT yang bermasalah)

PP5V0_USB_RPROT:
Sama dalam melakukan pengukuran pada jalur PP5V0_USB_PROTECT diatas, lakukan juga hingga point c dan masukkan nilai PP5V0_USB_RPROT 666, dan bila telah dilakukan perhitungan dengan menekan tombol % pada aplikasi iBestTools, maka akan dihasilkan nilai persentase sebesar 124,48% yang berarti mengalami penyimpangan lebih (Up Hambatan) sebesar 14,48% atau melebih batas toleransi yang diperboleh sebesar 110%.
Beda dengan kasus Drop Hambatan, pada kasus Up Hambatan, komponen yang berhubugan seperti U2 dan Q2 terkena imbas dari jalur lain yang bermasalah dalam hal ini bisa jadi dua komponen yang berhubungan tersebut, contoh PP3V0_ACC atau bisa juga PP5V0_USB_PROTECT (lakukan pengecakan 1 per 1 jalur dalam komponen yang berhubungan dengan jalur PP5V0_USB_RPROT.
(gbr.5, Kemungkinan komponen jalur PP5V0_USB_RPROT yang terkena imbas dari komponen yang bermasalah)

Dari 2 contoh tersebut diatas, kita sudah sedikit mendatkan gambaran singkat Metoda Analisa yang digunakan dalam iBestTools ini.

iBestTools ini akan efektif bila dilakukan pengukuran secara keseluruhan jalur dalam setiap stepnya, dan bila dilakukan pengukuran secara acak atau mengambil salah 1 dari hanya 1 step, karena tidak menggambarkan secara global dari keseluruhan komponen Sequence Start-up dalam iPhone yang dilakukan pengecekan.

Dibawah ini, kami perlihatkan  1 kasus kerusakan pada iPhone 6g, dimana konsumen mengeluhkan kerusakan pada proses charging/boros baterai/baterai kembung, tetapi saat dilakukan penggantian baterai dengan yang barupun, tidak menyelesaikan masalah, bahkan dalam posisi baterai kehabisan daya (nol %), iPhone tidak bisa melakukan charging, mari kita lihat hasil screenshoot dibawah ini :
(gbr.6. Contoh Penginputan Pada Step Input PMU di Kompoen Tigris)

Dari hasil pengukuran pada kasus tersebut diatas, jalur yang diukur tidak ada yang mengalami penyimpangan yang menunjukkan kerusakan jalur di komponen Tigris (masih dalam batas toleransi).
(gbr.7. Contoh Penginputan Pada Step Input PMU di Kompoen Tristar)

Sama dengan komponen Tigris, dikomponen Tristar setelah dilakukan pengukuran jalur, tidak diketemukan jalur yang bermasalah, sehingga dalam kasus ini, Tristar bisa dikatakan aman/tidak mengalami gangguan.
(gbr.8. Contoh Penginputan Pada Step Button Key)

Dalam kasus ini, Step Penginputan Button Key juga tidak mengalami gangguan.
(gbr.9. Contoh Penginputan Pada Step I2C)

Biasanya dalam beberapa kerusakan iPhone, dijalur ini akan juga mengalami gangguan, namun dikasus ini, I2C baik (tidak mengalami gangguan berarti/masih dalam batas toleransi).
(gbr.10. Contoh Penginputan Pada Step Buck Regulator & LDO)

Nah ini dia, ketemu masalah dari iPhone yang mengalami 2 kali baterai kembung dan baterai tidak bisa dilakukan charging setelah baterai menalami kehabisan daya. Sebelum kita lanjutkan, ada beberapa hal yang perlu kami jelaskan dari gambar diatas.

Pertama, Pada kolom ketiga, dimana tempat kita menginput hasil pengukuran hambatan, kami berikan tanda/kotak berwarna biru. Disana tidak kami lakukan pengukuran dikarenakan, Bila iPhone mengalami gangguan, dijalur seperti PP_CPU, PP_GPU, PP_VAR_SOC, PP0V95_FIXID_SOC, PP1V2 dan PP1V0 biasanya nilai pengukuran akan mengalami gangguan, sehingga bila kita anggap komponen tersebut mengalami gangguan, tanpa melihat hasil penginputan yang lainnya dan melakukan perbaikan terlebih dahulu, kita bisa langsung vonis kerusakan CPU, padahal belum tentu CPU yang mengalami masalah, namun hanya mengalami imbas (lihat contoh pada gbr.5 diatas).

Kedua, masih dalam kolom 3, hasil penginputan tidak kami tampilkan/di white block, agar kita bisa fokus pada permasalahan yang kami jelaskan.

Ketiga, pada kolom kelima yang kami beri kotak warna merah (hasil perhitungan/perbandingan Hasil penginputan dengan Nilai standar hambantan), kita bisa lihat hasilnya sebesar 90,00%, atau bisa kita katakan jalur sudah mengalami masalah / Drop Hambatan. Kemudian APA YANG MESTI KITA LAKUKAN.?

Di Aplikasi perdana ini, kami tidak berikutan fiture detail untuk analisa, dikarenakan Memang Aplikasi ini dibuat ringkas dan agar mempermudah pemahaman dari Metoda Sequence Start-up yang baru-baru ini diperkenalkan.

Langkah 1 :
Lakukan pemetaan jalur yang bermasalah di jalur PP1V2_SDRAM, jalur mana saja yang saling berhubungan?. Disini kami tampilan jalur2 yang berhubungan dengan jalur tersebut.
(gbr.10. Contoh Penginputan Pada Step Buck Regulator & LDO)

Jalur PP1V2_SDRAM yang terindikasi bermasalah, ada beberapa komponen yang saling berhubungan yang bisa jadi penyebab Drop hambatan diantaranya : U0201 (RAM/CPU), U1202 (PMU), L1217, R0403, R0405 dan L2330.

Langkah 2 :
Lakukan Pemutusan blok jalur yang dicurigai bermasalah, dengan mencabut 1 per 1 L1217, R0403, R0405 dan L2330 untuk mengetahui jalur mana yang bermasalah. Diluar jalur yang berhubungan langsung dengan CPU/RAM, ada beberapa Teknisi melakukan Suntik tegangan, tapi khusus untuk jalur yang berhubungan langsung dengan CPU/RAM, kami sarankan jangan lakukan teknik suntik tegangan, dikhawatirkan bila posisi iPhone dalam keadaan Hidup dan saat dilakukan Suntik Tegangan iPhone mati, jadi akan panjang proses pengerjaannya, pun selain itu, akan ribet menjelaskannya kepada konsumen.

Langkah 3 :
Bila telah ditemukan komponen yang bermasalah, jangan lupa pasang kembali L1217, R0403, R0405 dan L2330.

Dari kasus diatas, kebanyakan dari kita, pertama-tama akan melakukan penggantian Tristar ataupun Tigris dalam kasus Charging, tapi bila kita lihat dari step-step yang telah kita lakukan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa, Baterai Kembung / Not Charging, TIDAK SELAMANYA yang bermasalah adalah Komponen Charging, karena dikasus ini Proses Charging Terganggu Diakibatkan Oleh Komponen Lain Yang Bermasalah.

KESIMPULAN :
a. Aplikasi (iBestTools) ini cocok untuk teknisi yang telah menguasai skema / basic service HP, baik Android maupun iPhone, terlebih teknisi yang ingin belajar tentang system kerja iPhone yang selama ini sangat susah dimengerti.
b. Untuk Teknisi yang udah terbiasa menangani Apple Device, bisa dipergunakan pembanding hambatan bila dirasa pengerjaan yang telah dilakukan akan dilakukan cross check atau sekedar Melihat Test Point.
c. Di seri perdana ini, iBestTools dibuat sangat ringkas & padat yang diharapkan mempermudah perkenalan Metoda Sequence Start-up
d. Metoda ini, akan me-re-check ulang komponen2 utama dalam proses start-up, sehingga iPhone akan memenuhi standar minimum kelayakan mesin (ups, bahasa kami).









Komentar

Postingan populer dari blog ini

iBestTools - Aplikasi Bantu Analisa Service iPhone (bag. I)

iBestApple.Net - Pontianak, Bila teman-teman teknisi pernah melihat beberapa artikel tentang Aplikasi Bantu Untuk Service iPhone yang terdahulu di blog ini, mungkin akan sedikit sedikit familiar dengan istilah Aplikasi yang kami maksud, mesti susah dimengerti dan sangat sukar difahami. Kali ini coba kami jelaskan tentang Tujuan, Apa Manfaat Aplikasi Ini (selanjutnya kita sebut saja iBest Tools - Untuk Mempermudah penyebutan), Kepada Siapa Tools Ini Ditujukan, Alat Bantu Apa Lagi Yang Mesti Digunakan Selain Tools ini. Mari kita bahas satu per satu. Tujuan dari pembuatan iBest Tools adalah, mempermudah Teknisi untuk menganalisa kerusakan iPhone Secara menyeluruh, tanpa perlu pengukuran secara detail, sehingga mempermudah kita menjelaskan kepada konsumen tentang kondisi mesin secara tepat. 
Contoh Kasus : Konsumen mengelukan kerusakan perangkat iPhone 5g "Tidak Bisa Melakukan Proses Charging atau Dicas Tidak Bisa Penuh Mesti Dicas Berjam-jam". Dalam Pikiran kita sebagai tekni…

Service iPhone di iBestApple.Net Menggunakan Software Analisa Buatan Sendiri [ SiAP V.2 - Sequence iBestApple ]

(SiAP - Menu Utama)
iBestApple.Net, Pontianak - Pengembangan perangkat lunak (juga disebut pengembangan, desain, merancang, pengembangan aplikasi perusahaan atau pengembangan platform) adalah pengembangan suatu produk perangkat lunak. Istilah "pengembangan perangkat lunak" bisa dipakai untuk menyebut aktivitas pemrograman komputer, yaitu proses menulis dan mengelola kode sumber, namun dalam artian luas istilah ini mencakup semua hal yang terlibat antara penciptaan perangkat lunak yang diinginkan melalui pewujudan akhir perangkat lunak, idealnya dalam proses yang terencana dan terstruktur. Karena itu, pengembangan perangkat lunak bisa mencakup penelitian, pengembangan baru, purwarupa, modifikasi, pemakaian kembali, rekayasa ulang, pengelolaan, atau aktivitas lain yang menghasilkan produk perangkat lunak (Wikipedia, pen).
Perangkat lunak bisa dikembangkan untuk berbagai tujuan, tiga tujuan paling umum adalah memenuhi kebutuhan klien/bisnis tertentu (perangkat lunak kustom), me…

iBestTools - Aplikasi Bantu Analisa Service iPhone (bag.II)

iBestApple.Net - Pontianak, Bila kemarin kami sekilas memperkenalkan Apa Itu iBestTools, kali ini kami coba jelaskan lebih detail tentang Isi dan Cara mengoperasikan Aplikasi tersebut, meski sampai dengan hari ini (tgl.22/04/18) iBestTools belum juga release dikarenakan masih dilakukan penyempurnaan & cross check berulang-ulang untuk mengurangi kesalahan programming dan pengambilan data di mesin. Sebelum kita bahas lebih jauh, ada baiknya sedikit kami terangkan Apa Itu Arti Sequence Start-up dalam kaitannya dengan System Kerja iPhone (Apple Product Secara Gloabal). 
Sequence dalam arti yang sebenarnya adalah kb. 1 rangkaian. 2 urutan (of events). 3 rentetan. [source : KamusLengkap.com]. Sedangkan arti kata start-up, menurut pengertian kamuslengkap.com Memulai. Dan bila diartikan dalam satu rangkaian kata bila dikaitkan dengan artikel ini,[pen] mempunyai arti "Urutan dari beberapa rangkaian kerja iPhone untuk dapat hidup secara normal". Dari pengertian tersebut, "…