Langsung ke konten utama

iBestToolLTD Joint iBestToolPrime vs iPhone 5s

iBestApple.Net – Pontianak, Kali ini kami coba mengulas tentang Teknik Analisa Kerusakan pada iPhone 5s dengan gejala yang dikeluhkan oleh konsumen adalah Touchscreen/Layar Sentuh (kedepannya kita singkat dengan TS) bergerak sendiri atau kadang-kadang ngerespon atau bisa ngerespon beberapa saat kemudian tidak bisa bergerak. Sebelum membahas lebih lanjut, mari kita simak cerita dibawah ini.

Situasi (konsumen datang untuk men-service iPhone 5s dengan kondisi kerusakan TS seperti contoh diatas).
a. Situasi 1
User : “Mas, mau perbaiki iPhone dengan kerusakan TS Kadang bisa disentuh, kadang tidak. Terkadang juga tidak bisa disentuh/digerakkan sama sekali.
Teknisi : “Ganti LCD mas, karena LCD iPhone 1 set dengan TS”.

(beberapa saat coba dilakukan penggantian beberapa LCD, tapi kasus tidak terselesaikan), kemudian. Teknisi : “Mas, stock LCD kami yang original kosong, jadi kasus TS yang bermasalah tidak bisa kami perbaiki”.

b. Situasi 2
User : (bertanya sama dengan situasi 1)
Teknisi : “Coba kita ganti LCD terlebih dahulu, semisal tidak bisa kita ganti IC atau komponen mesin dibagian mesin TS, atau bisa juga LCD dan komponen mesin dibagian TS sudah rusak”.
User : “Kok bisa kerusakan LCD tapi penyebabnya yang diganti komponen mesin dibagian TS dan LCD.??”
Teknisi : “Bisa jadi demikian, karena IC TS yang rusak menyebabkan LCD terkena imbasnya”.
User : (masih mikir tentang penjelasan masnya, yang menurut user kurang masuk akal, tapiiiii).. Coba saja diperbaiki dan bila perlu diganti LCDnya, yang penting iPhone sy bisa normal kembali. 

(beberapa hari dilakukan perbaikan komponen mesin di bagian IC TS, tapi kasus tidak bisa terpecahkan), Laluuuu..
Teknisi : “Mase, saya bingung dengan kasus iPhone mas, udah diganti IC TS beberapa buah, masih juga tidak bisa, padahal udah diganti dengan yang baru, dari kanibalan mesin yang udah mati atau diambil dari mesin iPhone normal, tapi masih tidak bisa saya perbaiki, nyerah saya”.

c. Situasi 3
Percakapan kurang lebih sama seperti diatas, tapi…… mari kita simak..
User : “………………………………………………..”
Teknisi : “Ditinggal mase ya, beberapa kasus kayak mase ini, biasanya perlu dilakukan pengecekan dengan metoda tertentu”.
User : “Sak Karepmu maaaas, pokoke iPhoneku apik (Translate -> “terserah, yang penting iPhoneku bagus”.. hahahaha..)

Ok, kita langsung ke pokok masalah, dari ketiga Situasi diatas, masing-masing teknisi punya teknik/mekanisme/cara kerjanya masing-masing, tergantung dari berbagai factor. Kita abaikan semuanya itu, sekarang kita fokus metoda Aplikasi iBestTool melaksanakan tugasnya (hehehe).

Dalam penjelasan dibawah ini, kami coba menyajikan cara penanganan kerusakan TS seperti diatas pada 2 cotoh diatas ( 2 dan 3), dengan mempergunakan 2 aplikasi buatan kami yang berbeda, yaitu iBestToolLTD dan iBestToolPrime Pemeriksaan pada “Situasi 2”

1. Lakukan pengecekan pada connector LCD dan TS Untuk mempermudah pemahaman, kami ambil 1 contoh kasus iPhone 5s yang pernah masuk ke kami dan kami kombilanasikan dengan metoda pemeriksaan menggunakan iBestToolPrime (masih belum release) dan hasilnya sebagai berikut :
Gambar 1. Jalur PP_LCM_BL_ANODE_CONN

Gambar 2. Jalur LCM_TO_CHESTNUT_PWR_EN_CONN 

Pada Gambar 1, didapati hasil pengukuran soket LCD bernilai 380. Sedangkan Hambatan Standar Bernilai 421, Hambatan Minimal : 379 dan Hambatan Max sebesar : 463, yang berarti jalur PP_LCM_BL_ANODE_CONN sebesar 380 sudah mendekati ambang batas minimal sebesar 379 (Hambatan Miniman) yang artinya, Jalur ini sudah mendekati Short/Korslet/IC . “PERTANYAANNYA”, Apakah IC yang berhubungan dengan Jalur ini RUSAK.? (IC Backlight).

Gambar 3. IC Backlight

Gambar 4. Test Point PP_LCM_BL_ANODE 

Sebelum memutuskan IC Backlight ini bermasalah, mari kita lihat kembali gambar 2. Hasil pengukuran soket LCD di jalur Jalur LCM_TO_CHESTNUT_PWR_EN_CONN didapati nilai hambatan sebesar 372. Sedangkan Hambatan Standar Bernilai 460, Hambatan Minimal : 414 dan Hambatan Max sebesar : 506, yang berarti jalur Jalur LCM_TO_CHESTNUT_PWR_EN_CONN mengalami penyimpangan dari hambatan Minimal dan Maximal.

Ups, berarti “Kita” salah bila dikasus ini yang bermasalah adalah IC Backlight. Sebagai tambahan informasi bahwa, dikasus ini jalur yang berhubungan dengan IC TS clear/bersih/tidak ada masalah sama sekali saat dilakukan pengukuran. Kemudian pertanyaanya, “JADI YANG BERMASALAH DIBAGIAN MANA.???”. Mari kita lakukan pengecekan menggunakan Metoda Sequence dengan alat bantu Aplikasi iBestToolLTD V.1.5.1

Pemeriksaan pada “Situasi 3”

Di Aplikasi iBestToolLTD ini, kami tidak menyediakan fiture tentang komponen-komponen iPhone secara detail, namun dengan metoda yang tepat ini, kami meyakini “Kerusakan Utama” dari iPhone dapat terpetakan. Dengan mengambil contoh kasus yang sama diatas, kami sajikan hasil pengukuran dari step 1 s/d 4, sehingga kita dapat menyimpulkan “Bagian Mana Yang Bermasalah”.
Gambar 5. Menu Utama iBestToolLTD 

1. Step 1
Pada step ini, kita akan dibawa pada menu jalur di IC Tristar, dan bila kita lihat pada gambar dibawah terdapat jalur yang bermasalah yaitu AP_BI_I2C0_SDA yang nilai persentasenya hanya sebesar 81,68% yang artinya jalur ini bermasalah atau ada jalur komponen yang short/kroslet/hambatan yang drop.
Perlu kami ulang kembali seperti pada postingan kami yang lalu di web ini juga, bahwa Nilai Toleransi dikatakan bagus bila nilai persentasenya +/- 10 %, dengan kata lain bahwa Nilai Persentase Minimal memenuhi syarat Normal sebesar 90% dan Nilai Persentase Maximal sebesar 110%. Kemudian, bila jalur ini bermasalah, dikomponen mana sajakah kemungkinan kerusakan tersebut.??

Karena di Aplikasi iBestTool LTD versi 1.5.1 belum menampilkan jalur-jalur yang saling berhubungan dengan jalur AP_BI_I2C0_SDA, coba kami pinjem tampilannya dari iBestToolPrime, seperti gambar dibawah.
Gambar 6. Step 1 iBestToolLTD

Gambar 7. Komponen Yang Berhubungan Dengan AP_BI_I2C0_SDA 

Step 2
Di Step 2 ini, terlihat jalur BUTTON_AP_TO_MENU_KEY_L, mengalami Drop hambatan sebesar 25% dari hambatan Minimal. Jalur mana sajakah kemungkinan yang bermasalah.? Terlihat IC Yang berhubungan dengan jalur ini adalah U26 (dan kemudian dari U26 tersebut berubah nama menjadi BUTTON_TO_AP_MENU_KEY_BUFF_L menuju U1 dan U7). Jalur ini juga berubah nama menjadi PP1V8_SDRAM.

Kesimpulan di step 2 ini, ada kemungkinan U26, CPU/RAM dan IC Power Bermasalah.
Gambar 8. Step 2 iBestToolLTD
Gambar 9. Komponen Yang Berhubungan Dengan BUTTON_AP_TO_MENU_KEY_L 

Step 3
Karena Step ini yang bermasalah ada dijalur AP_BI_I2C0_SDA bermasalah dan jalur ini sama pada Step 1, maka tidak akan kami jelaskan lebih lanjut.
Gambar 10. Step 3 iBestToolLTD 

Step 4
Step 4 ini terlihat PP3V0_NAND juga bermasalah. Kesimpulan??
Gambar 11. Step 4 iBestToolLTD 

Kesimpulannya bagaimana dikasus ini.???
Ehm, yang pasti kasus ini bukan terletak pada IC yang berhubungan dengan TS tapi IC yang bermasalah adalah IC U26 dan U7.

Kesimpulan Akhir.
1. Gejala Kerusakan pada kasus TS, tidak semuanya bermasalah pada LCD, IC TS, IC Chestnut atau IC Backlight. Gejala kerusakan tersebut merupakan Imbas dari Kerusakan Utama.
2. iBestToolLTD dirancang untuk mempermudah PEMETAAN KERUSAKAN Utama dari setiap kasus dan iBestToolPrime direncanakan dirancang detail.
3. iBestToolLTD V.1.5.1 akan terus diupdate.
4.Nunggu iBestToolPrime yang detail??? Daaah, kelamaan, Proses Belajar Lebih Penting dibanding Ilmu yang didapat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

iBestTools - Aplikasi Bantu Analisa Service iPhone (bag. I)

iBestApple.Net - Pontianak, Bila teman-teman teknisi pernah melihat beberapa artikel tentang Aplikasi Bantu Untuk Service iPhone yang terdahulu di blog ini, mungkin akan sedikit sedikit familiar dengan istilah Aplikasi yang kami maksud, mesti susah dimengerti dan sangat sukar difahami. Kali ini coba kami jelaskan tentang Tujuan, Apa Manfaat Aplikasi Ini (selanjutnya kita sebut saja iBest Tools - Untuk Mempermudah penyebutan), Kepada Siapa Tools Ini Ditujukan, Alat Bantu Apa Lagi Yang Mesti Digunakan Selain Tools ini. Mari kita bahas satu per satu. Tujuan dari pembuatan iBest Tools adalah, mempermudah Teknisi untuk menganalisa kerusakan iPhone Secara menyeluruh, tanpa perlu pengukuran secara detail, sehingga mempermudah kita menjelaskan kepada konsumen tentang kondisi mesin secara tepat. 
Contoh Kasus : Konsumen mengelukan kerusakan perangkat iPhone 5g "Tidak Bisa Melakukan Proses Charging atau Dicas Tidak Bisa Penuh Mesti Dicas Berjam-jam". Dalam Pikiran kita sebagai tekni…

iBestTools - Aplikasi Bantu Analisa Service iPhone (bag.II)

iBestApple.Net - Pontianak, Bila kemarin kami sekilas memperkenalkan Apa Itu iBestTools, kali ini kami coba jelaskan lebih detail tentang Isi dan Cara mengoperasikan Aplikasi tersebut, meski sampai dengan hari ini (tgl.22/04/18) iBestTools belum juga release dikarenakan masih dilakukan penyempurnaan & cross check berulang-ulang untuk mengurangi kesalahan programming dan pengambilan data di mesin. Sebelum kita bahas lebih jauh, ada baiknya sedikit kami terangkan Apa Itu Arti Sequence Start-up dalam kaitannya dengan System Kerja iPhone (Apple Product Secara Gloabal). 
Sequence dalam arti yang sebenarnya adalah kb. 1 rangkaian. 2 urutan (of events). 3 rentetan. [source : KamusLengkap.com]. Sedangkan arti kata start-up, menurut pengertian kamuslengkap.com Memulai. Dan bila diartikan dalam satu rangkaian kata bila dikaitkan dengan artikel ini,[pen] mempunyai arti "Urutan dari beberapa rangkaian kerja iPhone untuk dapat hidup secara normal". Dari pengertian tersebut, "…

Cara Menjalankan / Mempergunakan iBestTools - Aplikasi Bantu Analisa Service iPhone (bag III)

(gbr. 1. Menu Utama iBestTools)
iBestApple.Net - Pontianak, Dua artikel terdahulu, kami telah memperkenalkan sekilas tentang "Metode Sequence Start-Up" di iPhone yang kemas dalam aplikasi iBestTools, kali ini coba kami terangkan "Detail" Cara penggunaan dan manfaat yang bisa kita gunakan dalam menganalisa kerusakan di iPhone. Dipaket iBestToolsLTD ini, akan memperkenalkan Sequence Start-up untuk seri iPhone 4s, iPhone 5g, iPhone 5s, iPhone 6g dan iPhone 6 Plus (gambar bisa dilihat diatas) dengan masing-masing seri memiliki step analisa antara 4 s/d 5 sbb :
(gbr. 2. Penjelasan)
Di Input PMU ini, terdapat 8 komponen utama, yang terdiri dari :
1. Judul Step 1
2. Nomor Urut Dari Jalur Pengukuran
3. Nama Jalur
4. Kolom Pengisian Nilai Hambatan Pada Test Point
5. Kolom Click Perhitungan Setelah Penginputaan Nilai Hambatan
6. Hasil Dari Perhitungan Nilai Hambatan Pada Titik Ukur vs Nilai Hambatan Standar Pada Setiap Jalur.
7. Tempat Gambar Ditampilkan Saat Nama Jalur di C…